Apa Itu Scale dan Peran Pentingnya Dalam Dunia Gitar?

Berbagai hal yang harus dipelajari para pemain gitar pemula agar dapat meningkatkan skill permainan gitarnya. Kali ini yang akan dibahas di sini pengertian scale serta jenis-jenis scale untuk membantu meningkatkan skill bermain gitar. Sebenarnya apa itu Scale?

Ini mungkin menjadi pertanyaan bagi yang masih cukup awam dengan dunia gitar. Tapi tak perlu khawatir pasalnya pertanyaan tersebut akan dijawab melalui tulisan lengkapnya di bawah ini. Yuk kita simak bersama.

Apa Itu Scale?

Istilah scale mungkin cukup asing bagi yang pertama kali atau masih awal belajar gitar. Lalu apa itu Scale? Secara umum scale dapat diartikan sebagai jarak atau interval pola suatu nada. Jarak atau interval tersebut tidak boleh ditentukan sembarangan melainkan melalui rumus tertentu.

Hal ini sekaligus menjalin pengertian bahwasannya untuk scale memiliki sifat khusus. Dimana sifat yang dimaksud adalah teratur, tidak mengalami perubahan serta baku. Sifatnya yang baku serta teratur ini tidak serta merta membuat scale menjadi tidak bervariasi. Jadi seperti itu kurang lebih pengertian dari scale

Baca juga

Ada banyak jenis-jenis scale, bahkan ada yang menyebutkan kalau jumlah variasi scale di dunia dapat mencapai ribuan. Ini tentunya tidak perlu dihafal satu persatu karena jumlahnya yang sangat banyak.

Contoh jenis scale dasar antara lain adalah pentatonic major serta minor, diatonic major serta minor dan masih banyak lagi.

Kenapa Scale Penting Untuk Dipahami?

Banyaknya variasi scale di dunia membuatnya hampir tak mungkin untuk dihafal. Tapi, sebenarnya kenapa banyak yang menghadirkan variasi dari scale? Apakah itu berarti ia sangat penting hingga banyak yang menciptakan versi dari scale yang berbeda antara satu dan yang lainnya?

Ada banyak yang menilai jika scale memiliki peran yang cukup penting dalam dunia gitar. Inilah beberapa peran pentingnya.

Apa itu scale, pengertian dari scale, jenis-jenis scale

Guna Membantu Agar Fingering Dapat Dilakukan dengan Benar

Sebenarnya salah satu tujuan utama dari scale adalah untuk membantu fingering dalam gitar dapat berjalan dengan benar. Hadirnya pola-pola tersebut akan membuat pihak pemain gitar dapat lebih mudah untuk mempelajari letak dari nada yang ada pada fretboard. Pola yang sama juga akan memberikan patokan agar tidak salah memainkan gitar.

Meningkatkan Fleksibilitas Pada Jari-jari Tangan

Latihan pola yang sama secara terus-menerus secara tak sadar akan turut serta untuk membantu meningkatkan fleksibilitas pada jari-jari tangan. Apalagi tak menutup kemungkinan akan membuat gitaris dapat lebih memahami dan mudah berimprovisasi jika kemudian menemui pola yang sama dengan scale yang biasa ia mainkan.

Menghadirkan Karakter yang Unik

Setiap interval yang berbeda akan turut menghadirkan scale yang berbeda. Ini kemudian akan menciptakan karakter unik tersendiri. Kalau hal ini dilakukan secara lebih lanjut bahkan bukan tak mungkin menjadi ciri khas dari pembuat scale tersebut.

Contohnya saja dengan adanya scale chinese, pelog sampai dengan arabian scale yang membawa ciri khas budaya dalam scalenya.

Baca juga

Jenis-jenis Scale

Contoh jenis-jenis Scale yang sering digunakan dalam bermain gitar antara lain

Scale diatonik mayor

Scale diatonik mayor menggunakan do sebagai nada pertama. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan sobat baca Apakah Tangga Nada Diatonik Itu?

Urutannya adalah sebagai berikut

1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 1′

atau bisa juga

do re mi fa sol la si do

Scale diatonik minor

Scale diatonik minor sebenarnya sama saja dengan diatonik mayor, nada yang digunakan sama hanya hanya awal nadanya saja yang berbeda

Scale diatonik minor menggunakan “la” sebagai nada pertama. Pada diatonik mayor nada “la” merupakan nada ke enam

Jadi urutan nada pada diatonik minor adalah

6 – 7 – 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6

atau

la si do re mi fa sol la

Scale pentatonik mayor

Scale pentantonik Mayor menggunakan 5 nada yang diambil dari tangga nada diatonik. Baca Apakah Tangga Nada Pentatonik Itu?

Contoh scale pentantonik mayor adalah sebagai berikut

1 – 2 – 3 – 5 – 6 – 1

atau

do re mi sol la do

Scale pentatonik minor

Scale pentatonik minor saja saja dengan pentatonik mayor bedanya adalah pada pentatonik minor nada pertama dimulai dari “la”

6 – 1 – 2 – 3 – 5 – 6

atau

la do re mi sol la

Scale Pelog

Scale Pelog digunakan pada lagu-lagu Jawa dan alat musik Jawa atau disebut juga gamelan. Scale ini menggunakan 5 nada yang diambil dari nada diatonik. Contoh scale pelog adalah

1 – 3 – 4 – 5 – 7 – 1

atau

do mi fa sol si do

Sebenarnya masih ada banyak lagi scale dalam dunia musik. Sobat dapat menggunakan scale diatas terlebih dahulu untuk berlatih

Mengenal apa itu Scale serta jenis-jenis scale dan mempelajarinya lebih lanjut memang tak ada salahnya. Namun ingat jika dalam bermain gitar tak ada salahnya melakukan improvisasi yang tidak harus sesuai dengan scale yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *