Mengenal Bagian Gitar serta Fungsinya

Siapa yang tidak tahu gitar? Alat musik ini sudah mendunia sejak dulu kala karena kemudahannya dalam bermain. Di Indonesia, gitar juga cukup digemari banyak orang tanpa memandang status sosial. Anak-anak muda khususnya laki-laki banyak yang belajar bermain gitar. Seperti ada stigma yang mengatakan bahwa bisa bermain gitar itu keren. Belum bisa bermain gitar? Tenang, kita akan mulai dengan mengenal bagian gitar serta fungsinya di bawah ini.

Apabila Anda adalah orang yang bisa memainkan alat musik ini, Anda setidaknya harus tahu bagian-bagiannya. Nama bagian-bagian dari gitar mulai dari atas, tengah hingga bawah. Karena percuma saja jika Anda bisa memainkan gitar, tapi tidak tahu menahu tentang anatomi dari gitar tersebut.

Untuk itu kami akan memberikan Anda informasi mengenai bagian-bagian gitar secara lengkap. Tidak hanya itu, di setiap bagian akan kami jelaskan fungsi-fungsinya. Langsung saja kita simak artikel mengenal bagian gitar serta fungsinya berikut ini.

Bagian Atas Gitar

Yang pertama dari mengenal bagian gitar serta fungsinya, dapat kita lihat di bagian paling atas gitar. Bagian ini terdiri dari…

Headstock

Ini adalah bagian kepala gitar yang biasanya didesain sedemikian rupa menganut preferensi sang pemilik. Ada yang malah mendesainnya tanpa kepala seperti yang dilakukan oleh pedangdut santer nusantara, Bang Haji Rhoma Irama.

Nut

Nut adalah tempat bersandarnya dawai-dawai. Nut bertugas untuk menjaga kerapatan dawai antara satu dengan yang lainnya. Nut terdapat dua jenis, yaitu dengan pengunci dan tanpa pengunci.

Tuner

Tuner terletak pada headstock dan bisa diputar sedemikian rupa. Inilah yang berfungsi untuk mengatur dan menjaga suara dari gitar agar tidak berubah. Bahan dari tuner bermacam-macam, ada yang dari tulang, plastik hingga stainless steel.

Baca juga

Bagian Tengah Gitar

Selanjutnya yang harus dipelajari dari mengenal bagian gitar serta fungsinya adalah pada bagian tengah gitar. Bagian tengah gitar terdiri atas tiga bagian penting, yaitu…

Fret

Fret adalah bagian yang menentukan nada dari senar gitar Anda. Biasanya Fret terbuat dari metal stainless steel.

Neck

Leher gitar biasanya terbuat dari kayu berkualitas yang kuat, keras dan ringan di saat yang sama. Di dalam neck terdapat trus rod, atau besi panjang yang bertugas untuk menjaga neck untuk tetap lurus dan tidak melengkung.

Penghubung

Penghubung adalah kayu yang digunakan untuk menghubungkan antara leher (neck) dengan badan gitar.

Bagian Bawah Gitar

Yang terakhir, bagian ini paling penting karena terdapat banyak bagian yang krusial. Terdiri dari tujuh bagian, bagian bawah gitar terbagi atas…

Body Gitar

Body gitar adalah tempat di mana bagian-bagian gitar yang lain berada, seperti tune controls, pickup, tuning lock dan lain sebagainya. Body gitar biasanya memiliki bentuk yang bermacam-macam dan bahkan ‘aneh’.

Bridge

Bridge adalah elemen yang berfungsi sebagai dudukan senar. Akhir-akhir ini, bridge dikembangkan sedemikian rupa sehingga bridge mampu mempengaruhi nada pada gitar. Terdapat berbagai model dan variasi sesuai dengan preferensi dan gaya Anda.

Soundboard

Sesuai namanya, soundboard adalah kotak resonansi. Soundboard adalah bagian yang berbentuk tabung yang di dalamnya ada ruangan kosong di bagian tubuh gitar. Ruangan kosong tersebut digunakan untuk meresonansikan suara yang dihasilkan dari senar gitar.

Lubang Suara

Lubang suara adalah bagian yang berfungsi sebagai aksesnya soundboard. Getaran dari senar gitar yang muncul akan melewati lubang ini sebelum bunyi diresonansikan oleh soundboard gitar.

Senar

Senar atau string adalah elemen dari gitar yang paling banyak variasi dan ragamnya. Itu disebabkan karena setiap senar mempunyai karakteristik nada yang berbeda-beda. Senar yang ada pada gitar akustik berjumlah enam, yaitu E, A, D, G, B dan E.

Baca Juga

Saddle

Saddle adalah bantalan pada bridge gitar. Fungsi saddle sama dengan nut yaitu agar suara senar gitar terdengar nyaring bunyinya.

Fingerboard/Fretboard

Fingerboard adalah bagian dimana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Fingerboard terdapat pada bagian depan dari leher gitar atau neck.

mengenal bagian-bagian gitar serta fungsinya

Mengenal bagian gitar serta fungsinya sangat penting sebelum belajar memainkan musiknya. Kini Anda sudah paham betul bagian-bagiannya, tidak lupa dengan fungsinya. Jadi, Anda tidak perlu mengalami mati gaya ketika Anda ditanya tentang hal-hal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *