Mengenal berbagai Jenis Pickup Gitar Agar Tak Salah Pilih

Agar suara yang dihasilkan oleh gitar dapat menghasilkan kualitas dan karakter suara yang baik, diperlukan sebuah perangkat gitar yang disebut dengan pickup gitar. Nah, bagi Anda yang ingin menghasilkan karakter suara dari gitar, terlebih dahulu perlu mengenal berbagai  jenis pickup gitar.

Mengenal jenis Pickup Gitar

Jenis perangkat gitar ini juga disebut dengan spuli di tahun 90-an. Perangkat ini berfungsi untuk mengubah getaran mekanik dawai yang diubah menjadi sinyal elektrik, agar untuk bisa menghasilkan suara harus diteruskan ke sumber penguat suara. Pickup gitar memanfaatkan induksi elektromagnet dimana getaran dawai mengganggu garis elektromagnet pada gitar.

Berdasarkan cara dan sistem pengkoneksiannya, pickup gitar dibagi menjadi dua yaitu pickup aktif dan pick up pasif. Sedangkan berdasarkan jumlah kumparannya, pickup gitar dibagi menjadi single coil dan humbucker.

Pickup Aktif

Pickup jenis ini biasanya digunakan daya tambahan pada penguat sinyal getaran, sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih kuat. Biasanya pickup aktif banyak digunakan untuk gitar bass. Untuk mengaktifkannya biasanya digunakan baterai dengan kekuatan 9 volt sebagai sumber energi.

Kelebihan dari pickup aktif adalah noise yang cenderung akan berkurang. Sedangkan untuk kekurangannya, pickup aktif memiliki harga yang lebih mahal dan memerlukan baterai sebagai sumber tegangannya. Selain itu, efek distorsi yang dihasilkan akan sulit disesuaikan, sehingga suara yang dihasilkan kurang natural.

Pickup Pasif

Agar tidak salah pilih dalam menentukan jenis pickup gitar yang harus dipasang, Anda harus mengenal berbagai jenis pickup gitar terlebih dahulu. Salah satu yang banyak digunakan oleh para gitaris adalah pickup pasif.

Pickup pasif tidak memerlukan baterai tambahan untuk mengaktifkanya. Meskipun begitu, kualitas suara yang dihasilkan tak perlu diragukan lagi. Selain itu, kini banyak efek digital yang bisa ditekan dan harga yang ditawarkan cenderung lebih murah.

Baca juga

Pickup Single Coil

Pickup jenis ini memiliki satu kumparan saja. Pickup ini dapat menghasilkan suara yang lebih crunch dengan efek distorsi yang lebih mudah untuk diminimalkan. Biasanya jenis pickup single coil lebih banyak digunakan untuk musik jenis blues, pop, jazz, dan reggae. Jika Anda ingin jenis musik rock n roll tahun 70-80an, Anda bisa menggunakan pickup jenis ini dengan menambahkan efek distorsi.

Mengenal berbagai Jenis Pickup Gitar Agar Tak Salah Pilih

Pickup Humbucker

Jenis pickup ini menggabungkan dua pickup single yang dipasang berlawanan arah satu dengan yang lainnya.

mengenal jenis pickup gitar
mengenal jenis pickup gitar

Pickup humbucker menjadi salah satu jenis pickup favorit para gitaris karena mampu menghasilkan suara yang lebih tebal. Hal ini dikarenakan pickup humbucker mampu menangkap dawai yang lebih lebar. Bagi Anda yang menyukai musik jenis rock atau metal, jenis pickup ini cocok digunakan karena efek distorsi yang dikeluarga jauh lebih bright.

Nah, itulah jenis pickup gitar yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan mengenal berbagai jenis pickup gitar akan membantu Anda memilih jenis pickup gitar untuk menghasilkan suara gitar yang pas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *